Rumah Briket bersama Dinas Perindag Kota Medan Menggelar Pelatihan Pembuatan Briket

Dipublikasikan oleh Embaranpost pada

0 0
Bagikan Berita Ini :
Read Time:1 Minute, 29 Second

Embaranpost.id(SMSI) Medan, Rumah Briket Medan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan menggelar pelatihan Arang Briket di Gang Melati 24 Kelurahan Tanah 600 Medan Marelan,Jum’at (19/08/2022)

Acara tersebut diikuti oleh 15 Peserta dari berbagai lingkungan di kelurahan tanah 600 Medan dan di bagi 3 Kelompok dengan sistem kelompok pertama membakar Batok kelapa, kayu dan terakhir daun kering.

Menurut Ir. Rena Arifah Simbolon selaku pemateri dan sekaligus owner Rumah Briket Medan bahwa pelatihan itu untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan sampah organik kering.

“Dengan adanya pelatihan ini masyarakat bisa memanfaatkan sampah batok Kelapa, Cangkang Sawit, daun kering dan lain-lain diubah jadi pengganti bahan bakar alternatif”, kata Rena

Rena juga menceritakan bahwa pemanfaatan sampah tersebut berawal dari kepedulian ibu-ibu di lingkungan 9 Kelurahan harjosari 2 yang peduli lingkungan dengan melihat sampah adalah sesuatu yang dapat merusak lingkungan.

“Kita awalnya hanya mengolah sampah organik kering dibakar untuk menjadi briket ( Arang )”, Ujar Ir. Rena Arifah Simbolon

Pada kesempatan tersebut seluruh peserta pelatihan dengan seksama mengikuti pelatihan bagai mana cara mengolah sampah organik.

“Kami semua mendapatkan pengetahuan tentang pengolahan sampah organik Kering khususnya dan ini bisa menambah penghasilan karena banyak sumber bahan baku yang dimanfaatkan secara gratis”, Ujar Agus Juliandi

“Para remaja juga dapat mengalihkan hobinya dengan mengumpulkan sampah organik kering dan di bakar hingga jadi Arang Briket sehingga tidak terkontaminasi dengan kegiatan hal-hal negatif”,harap Agus

“Kami berharap dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian atau Dinas terkait maupun Instansi swasta meminta bantuan alat untuk memproduksi Arang Briket tersebut”, timpal peserta yang lain.

Untuk diketahui, rumah briket sejak 2015 telah melakukan kegiatan pengolahan sampah menjadi bahan yang bermanfaat. Rumah Briket berada di Komplek ITM No. 114 P Jalan Bajak 2 H Lingkungan 9 Kelurahan Harjosari Sari 2 Kecamatan Medan Amplas.
( MHK )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *